Senin, 21 Mei 2012

pengobtan demam thypoid

Pengobatan Demam Thypoid
Dengan antibiotik yang tepat, lebih dari 99% penderita dapat disembuhkan. Pedoman profesional yang paling terakhir untuk pengobatan demam tifoid di Asia selatan dan Tenggara dikeluarkan oleh Association of Pediatrics (IAP) pada Oktober 2006. Meskipun pedoman ini diterbitkan untuk demam tifoid anak, penulis merasa bahwa mereka juga berlaku untuk kasus-kasus dewasa.
Untuk pengobatan demam tifoid yang tidak berat, IAP merekomendasikan cefixime dan, sebagai agen lini kedua, azitromisin. Untuk demam tifoid yang berat, mereka merekomendasikan ceftriaxone. Aztreonam dan imipenem adalah lini kedua agen untuk kasus yang berat. Jika terjadi perforasi usus, diberikan antibiotik berspektrum luas (karena berbagai jenis bakteri akan masuk ke dalam rongga perut) dan mungkin perlu dilakukan pembedahan untuk memperbaiki atau mengangkat bagian usus yang mengalami perforasi.
Pencegahan Demam Thypoid
Vaksin tifus per-oral (ditelan) memberikan perlindungan sebesar 70%. Vaksin ini hanya diberikan kepada orang-orang yang telah terpapar oleh bakteri Salmonella typhi dan orang-orang yang memiliki resiko tinggi (termasuk petugas laboratorium dan para pelancong).
Para pelancong sebaiknya menghindari makan sayuran mentah dan makanan lainnya yang disajikan atau disimpan di dalam suhu ruangan. Sebaiknya mereka memilih makanan yang masih panas atau makanan yang dibekukan, minuman kaleng dan buah berkulit yang bisa dikupas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar